27 Mar 2010

Melangkah menuju ridhaNYA

      Dari Umar Radhiallahuanhu juga dia berkata: Ketika kami duduk di sisi Rasulullah & suatu hari tiba-tiba datanglah seorang laki-laki yang mengenakan baju yang sangat putih dan berambut sangat hitam, tidak tampak padanya bekas-bekas perjalanan jauh dan tidak ada seorangpun diantara kami yang mengenalnya. Hingga dia duduk  di hadapan nabi lalu menempelkan kedua lututnya kepada lututnya (Rasulullah SAW) seraya berkata: Ya Muhammad, beritahukan aku tentang islam?”
maka bersabdalah Rasulullah SAW : Islam adalah : engkau bersaksi bahwa tidak ada Ilah (Tuhan yang di sembah) selain Allah,dan bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah,engkau mendirikan shalat,menunaikan zakat,puasa Ramadhan dan pergi haji jika mampu. 
Kemudian dia berkata : “Anda benar.Kami semua heran, dia yang bertanya dia pula yang membenarkan.
Kemudian dia bertanya lagi:” Beritahukan aku tentang Iman”, 
Lalu beliau bersabda: Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya dan hari akhir dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.
Kemudian dia berkata: “anda benar”.kemudian dia berkata lagi: Beritahukan aku tentang ihsan”,
Lalu beliau bersabda: Ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah  seakan-akan engkau melihatnya,jika engkau tidak melihatnya,maka dia melihat engkau”.
Kemudian dia berkata: Beritahukan aku tentang hari kiamat (kapan terjadinya) 
Beliau besabda: Yang di tanya tidak lebih tau dari yang bertanya
Dia berkata:”Beritahukan aku tentang tanda-tandanya”, 
Beliau bersabda: Jika seorang hamba melahirkan tuannya dan jika engkau melihat seorang bertelanjang kaki dan dada,miskin dan penggembala domba,(kemudian) berlomba-lomba meninggikan bangunannya 
Kemudian orang itu berlalu dan aku berdiam sebentar.
Kemudian Belliau (Rasulullah SAW) bertanya: Tahukah engkau siapa yang bertanya?”.
Aku berkata: Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui”.
Beliau bersabda: Dia adalah Jibril yang datang kepada kalian (bermaksud) mengajarkan agama kalian”.
                                                                                                                                 (Riwayat Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda ?

Niat Puasa Ramadhan dan Do'a Buka Puasa